|
I Don’t Care
|
5 Januari
2014
|
|
|
SMA NEGERI 1 KALITIDU
TAHUN AJARAN 2013/2014
|
|
|
NINA ANDRIANI
XII IPA 2
19
I
Don’t Care
Entah
siapa yang mulai, entah kapan semuanya dimulai. Tiba-tiba, galau itu jadi eksis
banget. Penyebab galau buat masing-masing orang itu pasti beda. Tapi yang
pasti, semua orang pasti pernah galau. Dari Sabang sampai Merauke. Bahkan
mungkin sampai keseluruh dunia. Tapi, cerita ini bukan tentang mereka. Ini
tentang gue. Gue Ajeng. Setahun gue pacaran sama Dimas. Setahun gue dibohongin
sama dia. Dan setahun gue mau-mau nya nurut sama dia. Ada aja masalah yang dia
bikin, dan ada aja cara dia buat nyenengin gue lagi. Berkali-kali dia ketahuan
modusin temen-temen gue. Dan sampai akhirnya gue putusin dia karena gue udah
capek sama semua tingkah lakunya.
Hari ini
gue kenalan sama cowok. Ini moment yang paling penting banget. Moment yang
harus dicatat di muris sebagai moment yang paling penting dalam hidup Ajeng di
tahun 2013. Awal kenalan dimulai dari Sosial Media. Namanya Yudha. Sekolah di
SMK 2 Bojonegoro anak TGB ruang A14. Ternyata dia temenya temen gue yang
namanya Aldi. Setelah beberapa hari kenal, gue baru tau kalau dia sebenarnya
udah punya pacar yang usia pacarannya kurang lebih 2 tahun. Sialan !! Baru
mulai suka sama orang dan tau kalo dia udah punya pacar itu rasanya sesuatu
banget. Serius , sumpah, asli. L Arrgghhh !!!
Tiap gue galau, gue selalu nyampah di TimeLine orang. Ada
yang favorite postingan gue, ada yang nge-retweet, bahkan ada juga yang bales
mention gue. Kenalin ini follower gue namnaya Angga. Dan dia punya kebiasaan.
Satu, sok akrab. Dua, sok tau -_-.
“Mbak statusnya galau mulu”
“Siapa yang galau sih?”
“Lo lah mbak, masa gue”
“Sok tau”
“Tapi emang bener kan?”
Gue sama dia mulai
mention-mention’an sampe tangan gue capek karena kebanyakan ngetik, dan mulai
ngantuk gara-gara loadingnya limit. Daripada susah-susah nunggu, akhirnya kita
mastiin buat ambil jalan pintas. SMS. Iya SMS. Banyak hal yang berubah setelah
gue kenalan sama Angga. Dari yang tadinya HP cuma dipakek twitteran sama
facebook’an doang, sekarang dipakek SMS’an berjam-jam. Dari yang tadinya
facebook’an cuma kalo inget doang, sekarang jadi facebook’an kapan aja dan
dimana aja. Setelah ada dia, gue nggak pernah inget sama kejadian dulu yang
pernah bikin gue galau. Tapi semua itu gue cuma nganggep dia sebagai adek.
Temen kakak gue namanya Yoga Pranata. Kuliah di
Politeknik Negeri Malang dan hampir menginjak semester akhir. Gue mulai deket
sama dia. Ya meskipun gue bisa ketemu dia cuma satu bulan sekali dan jarang
banget hubungin gue, tapi gue ngerasa nyaman kalo deket dia. Suatu hari dia
temuin gue di rumah sama temenya yang super duper acak-acakan.
“Assalamuailaikum”
“Waalaikumsalam”
“Ajeng nya ada tante?”
“Oh, iya ada kok di dalem. Sekolah kelas
berapa mas?” tanya nyokap gue
“Udah kuliah”
Beberapa menit kemudian
gue keluar. Pertama gue ketemu, pertama gue tatap mukanya, pertama juga gue
deg-deg’an nggak karuan kayak gini. Hati gue campur aduk. Kenal cuma lewat
sosial media sekali ketemu gue langsung bisa suka. Nggak tau ini cuma perasaan
sesaat atau emang bener-bener suka.
“Aku nggak nyangka loh mas, ternyata mas Yoga
temennya mbak Rara.”
“Iya dek. Aku juga nggak nyangka kalo kamu
adeknya Rara.”
Nggak lama sih gue
ngobrol sama dia. Hari udah hampir sore dia akhirnya pamit pulang.
“Kenapa lo dek
senyam-senyum kek orang stres”
“Apaansih mbak? Biasa aja kok”
“Ajeng sayang, keliatan banget dari muka lo
itu kalo adek mbak yang satu ini lagi
jatuh cinta sama Yoga.”
“Mbak Rara sayang, emang kalo adeknya lagi
seneng harus bilang gitu ke mbak? Mau tau aja sih”
Giliran gue udah move on, ehh Dimas hubungin gue lagi
minta balik’an. Dia bilang ke gue kalo dia nggak bisa ngelupain gue. Sekarang
dia mau berubah demi gue, mau coba sayang lagi ke gue, coba ngasih perhatian lebih
ke gue. Tapi gue udah nggak peduli lagi. Gue udah cukup ngerasain sakit hati.
Kriiinggg.. “Halo”
... “Halo.. Aku mau
ngomong sama kamu. Aku ini bener-bener sayang sama kamu. Maafin aku kalo aku dulu
nggak ngehargain kamu. Aku sekarang mau ngerubah semuanya. Aku mau ngelakuin
apaaja buat kamu.”
... “Apasih? Aku udah
nggak bisa.”
... “Aku sayang sama kamu.
Aku mau kita kek dulu lagi. Kenapa sih cuma gara-gara dia doang kamu putusin
aku?”
... “Nggak cuma itu aja
alasan aku putusin kamu. Aku udah capek sama semua tingkah laku kamu.
Berkali-kali kamu udah giniin aku. Dulu aku emang masih bisa sabar, tapi
sekarang aku udah nggak bisa. kesabaran aku udah habis.”
... “Ya harusnya kamu
itu sabar lagi. Orang sabar itu nggak akan ada habisnya. Aku sama dia nggak ada
apa-apa kok. Ketemu juga nggak.”
Klekk.. Tuuttt tuuttt
ttuutt...
Hari senin
pagi mood gue udah ilang gara-gara tadi malem. Muka gue masam semasam-masamnya yang
gue bisa. Andre, temen gue yang sering candain gue. Orang paling rese di kelas
gue tiba-tiba duduk di sebelah gue.
“Kenapa lo jeng?”
“Nggak kenapa-kenapa.”
“Yakin lo? Lo mandi kan pagi ini?”
“Apa-apaan sih lo Ndre? Yaiyalah gue mandi.”
“Canda doang. Abisnya pagi-pagi udah bad mood
gitu muka lo.”
“Mau tau banget sih urusan orang.”
“Dasar, sensi banget lo sama gue”
Gue selalu inget
kata-kata temen gue, Fara. Jadi orang
itu harus konsisten. Gue kadang gampang banget terpengaruh sama orang. Tapi
untuk kali ini, apa yang udah jadi keputusan gue sekarang, seterusnya nggak
akan berubah.
“Galau lagi lo?”
“Iya”
“Labil banget lo. Paling masalah Dimas lagi
kan? Ngaku lo!”
“Wajar lah Fa kalo gue masih labil. Umur gue
aja belum 20th. Sepupu gue noh yang umurnya 21 masih suka galau. Kayak lo nggak
pernah labil aja.”
“Iyaiya sorry. Kenapa lo? cerita sini sama
gue.”
“Lo pilih mana pacaran sama adek kelas apa
sama 3tahun lebih tua daripada lo?’
“Ya kalo gue pengen serius sih pilih yang
3tahun lebih tua.”
Yoga. Ya
meskipun dia jarang banget hubungin gue, tapi seenggaknya liburan bulan depan
dia janji mau pulang. Gue coba buat ngimbangin dia. Secara dia udah kuliah dan
dia lagi sibuk-sibuknya ngumpulin bahan buat ujian. Gue harus ngerti, karena
gue besok juga bakalan sibuk kek gitu juga. Kita sama-sama perang. Gue perang
buat ujian sekolah bulan April, dia perang buat skripsinya.
7 hari gue jalanin UAS, dan gue makin jarang di hubungin
sama Yoga. Pikiran gue udah kemana-mana.
Seminggu setelah UAS,
raport udah dibagikan kepada masing-masing wali murid. Dan gue seperti biasa
nggak pernah dapet ranking 1, tapi seenggaknya gue masuk 10 besar. Hal yang
bikin gue aneh, jumlah nilai kognitif raport gue di semester 5 ini turun
drastis. Entah apa yang bikin nilai gue turun.
Yeah.. Menginjak libur sekolah. Yoga mulai packing buat
pulang ke Bojonegoro. Gue berharap bisa ketemu dia lagi.
... Krriinggg “Halo”
... “Halo, kok nggak di
bales sih dek sms ku?”
... “Iya mas, tadi
signal nya trouble. Ini mau di bales.”
... “Ini aku packing
dek. Nanti jam 1 aku berangkat.”
... “Oleh-olehnya ya
mas?”
... “Minta oleh-oleh apa
dek?”
... “Enggak kok mas,
canda doang tadi. Yaudah mas Yoga hati-hati ya.”
Gue sama dia mulai
akrab. Dia rela malem-malem dateng ke rumah gue cuma ngasih oleh-oleh buat gue.
Sekotak bakpia dia kasihin ke gue. Cara dia ngomong aja udah keliatan banget
kalo dia orangnya pemalu.
“Apa mas ini?” tanyaku
“Katanya minta oleh-oleh.”
“Kan cuma canda doang mas.”
“Nggak papa kok dek. Tapi maaf cuma dikit.”
“Nggakpapa mas. Makasih ya. Nggak mau mampir
dulu mas?”
“Enggak dek. Langsung balik aja. Udah ditunggu
temen soalnya.”
“Oh, iya mas. Makasih loh oleh-olehnya”. Dia
membalas senyuman manis.
Gue selalu curhat sama
nyokap. Mulai dari gue kenalan sama orang, ketemu sama orang, suka sama siapa,
lagi punya masalah sama siapa, semuanya gue cerita. Karena gue tau, nyokap
adalah orang yang paling tepat buat gue curhat. Minimal nggak takut bakalan
kebongkar lah.
Liburan sekolah gue dirumah cuma bisa nonton tv, makan,
tidur, dan beres-beres rumah itu pun kalo gue disuruh. Gue paling seneng
bantuin nyokap pas lagi masak. Tapi paling males kalo lagi disuruh nyuci
piring. Hash, mau nggak mau ya tetep gue kerjain. Gara-gara nyokap juga
sekarang gue jadi rajin banget bersihin rumah.
“Kalo ada piring kotor dibelakang itu dicuci.
Jangan cuma piring sendiri aja yang dicuci.”
“Air nya nggak nyala bu”
“Kan bisa pake air yang di tempayan.”
“Kalo nggak punya kesadaran ya gitu. Mana bisa
mandiri kalo disuruh nyuci piring aja nggak mau. Tadi cucian yang di belakang
juga belum di cuci kan? Katanya pengen kuliah jauh. Kalo dirumah aja males,
gimana nanti disana. Baju nggak ada yang di cuci, nanti lupa nggak makan kalo
udah ngerjain tugas. Udah, kuliah aja sana di Bojonegoro.” Tegasnya
Nyokap gue kalo udah
ngomong nggak bakal ada titiknya. Langsung gue ke belakang ngerjain apa yang
disuruh nyokap. Mulai gue nyuci, sampe gue selese nyuci, sampe gue selese
mandi, selese makan, nyokap gue masih aja nerusin omongannya. Astaga !! tapi
gue yakin, orang tua itu pasti ngasih yang terbaik kok buat anaknya.
Setelah gue pikir-pikir, ngapain gue mikirin hal yang
nggak penting. Toh kalo Yoga suka ke gue, dia bakalan dateng nemuin gue tanpa
harus gue sibuk mikirin perasaan gue. belum tentu dia juga mikirin perasaan
gue. Dan gue bener-bener serius pengen banget masuk ke UNNES. Bener kata
nyokap. Mulai sekarang nggak ada yang namanya males-males’an. Gue harus serius
ke Sekolah. Gue harus bangkit. Cinta itu cuma bikin lupa semuanya. Dan gue coba
sharing ke Yoga. Siapa tau ada masukan buat gue.
“Mas, kira-kira nilai segini bisa nggak ya
masuk ke UNNES?”
“Emang rata-rata nya berapa dek?”
“Yang di semester 5 ini rata-rata nya naik
jadi 86”
“Ya berdo’a aja dek semoga ketrima. Kamu juga
banyak-banyak belajar.”
“Iya mas amin. Berarti bentar lagi skripsi
dong?”
“Iya, Oktober udah wisuda dek.”
“Rencana mau kerja dimana mas?”
“Mau nyari kerja di Semarang juga. Minimal
jadi pengawas lapangan lah dek.”
“Semoga aja kita nanti ketemu lagi disana ya
mas.”
“Iya, sekarang kita sama-sama belajar dulu.”
Akhirnya gue jalanin
dulu masa-masa sekolah gue. Tanpa gue nggak punya pacar pun, masih ada keluarga
sama temen-temen yang selalu sayang sama gue. Dan tentunya nggak lepas dari
perhatian orang tua. Jomblo bukan akhir dari segalanya. Kesuksesan lah yang
terpenting.
Dan gue turn off laptop, mencoba
memejamkan mata. Berharap besok akan ada waktu buat menebus kembali waktu yang
terbuang.
***
Itu cerpen yang gue bikin buat tugas B.Indonesia. Miss Bu Yumanah :*










0 komentar:
Posting Komentar